rss32.png

Peringatan Hari Anti Korupsi International

Feature image

Posted on Saturday, 07-Dec-13 12:33:53 UTC
By admin
Posted in


Setiap tanggal 9 Desember masyarakat di dunia, termasuk Indonesia memperingati Hari Antikorupsi. Momentum HAKI tidak hanya bersifat seremonial tetapi bagaimana pelibatan masyarakat secara luas menghasilkan dampak pada penyadaran isu antikorupsi. Semangat gerakan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Antikorupsi Internasional (HAKI).

Inisiatif ini masih cukup penting, dimana kita memerlukan dukungan dari banyak pihak untuk melawan praktek korupsi. Inisiatif untuk melakukan kampanye bersama menjadi bagian dari sebuah rangkaian gerakan antikorupsi. Berkolaborasi dengan komunitas yang lain untuk bersama-sama melawan korupsi. Tahun politik menjadi tahun yang sangat penting untuk melakukan pendidikan antikorupsi di kalangan anak muda. Setidaknya publik memahami bahwa, korupsi terjadi akibat prilaku politisi yang kotor.

Penyakit korupsi terjadi di berbagaimacam sector, baik disector pendidikan, kesehatan, pangan hingga pada sector kehutanan. Praktek korupsi di sector kehutanan tidak banyak diketahui oleh public. Sehingga diperlukan sarana kampanye yang berbasiskan kepada masyarakat secara luas.  

Transparency International Indonesia (TII) menginisiasi satu kegiatan peringatan HAKI dengan melibatkan kelompok-kelompok kreatif sebagai pendorong kampanye anti-korupsi yang lebih menjangkau generasi muda. Kegiatan kampanye bersama ini akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan olah raga masyarakat Jakarta di ringroad Gelora Bung Karno. Dengan konsep mendatangi publik, diharapkan pesan ini akan sampai ke masyarakat.

Hak Cipta © 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan